Masuki Babak Baru, LSM LIRA Segera Laporkan Politeknik Penerbangan Makassar Masuk Polda Sulsel

0
161

MAKASSAR — Buntut temuan kurang setor pengadaan barang dan jasa pada Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar nyaris mencapai satu miliar pada tahun 2021 segera memasuki bebak baru. LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) berencana segera memasukan laporan ke unit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel atas adanya indikasi dugaan penyimpangan keuangan negara dan potensi kerugian negara.

Penegasan tersebut kembali disampaikan oleh aktivis LSM LIRA, Ahmad Zulkarnaen kepada celebesnews.co.id pada, Kamis (14/9/2023).

Selain itu, ia mengungkapkan, akan turut melaporkan pengadaan barang dan jasa di Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar yang selama ini disinyalir dan terindikasi sarat pengaturan.

Hal tersebut, kata dia, juga diperkuat dengan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan terkait pengadaan barang dan jasa di Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar tanpa diumumkan lebih awal melalui SIRUP untuk beberapa kegiatan sehingga terindikasi adanya dugaan pengaturan rekanan atau penyedia jasa yang akan melaksanakan kegiatan.

“Dalam waktu dekat kami segera masukan laporan ke Polda Sulsel dan melampirkan hasil audit BPK sebagai data tambahan untuk mengusut pengadaan barang dan jasa di kampus penerbangan Makassar ini,”tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, BPK merekomendasikan kepada Menteri Perhubungan agar menginstruksikan Kepala BPSDM Perhubungan Memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku kepada KPA Poltekbang Makassar agar lebih optimal dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian dalam pelaksanaan realisasi anggaran yang berada dalam penguasaannya.

Selain itu, memerintahkan Pejabat Pengadaan untuk memproses pemilihan penyedia jasa melalui aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan sistem.

Lainnya, Surat Direktur KU.004/1/15/Poltekbang.MKS/2021 kepada Kabag Keuangan dan TU, Kepala Unit SPI, PPK agar dapat lebih optimal dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian dalam pelaksanaan realisasi anggaran yang berada dalam penugasannya. Tindak lanjut berupa instruksi, belum ada.

Terpisah, Direktur Poltekbang Makassar berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews sejak pekan lalu melalui surat permintaan konfirmasi dan klarifikas terkait temuan BPK tersebut hingga berita ini diturunkan tidak memberikan tanggapan dan jawaban. (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here