Bupati Dminta Tegur Kadis Pendidikan Maros, Aktivis : Jangan Sepelekan Temuan Administratif, Banyak Kasus Korupsi Berawal Dari Persoalan Administrasi

1
245

MAKASSAR — Bupati Kabupaten Maros diminta memberi teguran keras kepada OPD yang tersangkut dengan temuan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK tahun 2021. Di Kabupaten Maros, ada sejumlah OPD yang menjadi temuan BPK baik yang bersifat administratif dan kerugian negara.

Salah satunya adalah Dinas Pendidikan di Kabupaten Maros, BPK menemukan adanya kesalahan penganggaran pada tiga paket kegiatan tahun 2021. Bupati diminta memberi teguran sekaligus melakukan evaluasi kepada kepala OPD yang tersangkut temuan BPK ini.

Merespon temuan BPK tersebut, aktivis antikorupsi, Mulyadi SH kepada celebesnews.co.id pada, Sabtu (1/7/2023) mengungkapkan temuan kesalahan penganggaran pada tiga paket kegiatan di Dinas Pendidikan Kabupaten Maros tersebut bukan sekedar persoalan administrasif biasa, tetapi indikasi adanya dugaan penyimpangan administrasi patut diusut.

Menindaklanjuti temuan LHP BPK ini, Mulyadi pun meminta Bupati bisa menata pengelolaan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Maros dengan baik dan menegur pada kepala OPD terkait, bahkan secara khusus bupati diminta memanggil kepala OPD dengan memberi surat teguran.

“Bupati harus bisa dan berani memberikan teguran kepada kepala OPD yang tersangkut temuan BPK di Kabupaten Maros. Malah diperparah ada beberapa OPD yang hampir setiap tahun selalu menjadi temuan BPK dengan masalah yang berulang, baik itu soal administratif,”tuturnya.

Sebaliknya, kata dia, justru dikhawatirkan jangan sampai muncul asumsi public ada apa sejumlah OPD di Kabupaten Maros ini selalu menjadi temuan berulang setiap tahun dalam hal persoalan administrasi ini. “Bupati jangan tutup mata dengan persoalan administrasi ini, bila perlu evaluasi kepala OPD dengan masalah administrasi tersebut, karena tidak sedikit ada yang beramsumsi masalah administrasi yang jadi temuan BPK tersebut adalah persoalan biasa, hanya sebatas rekomendasi perbaikan. Padahal justru tidak sedikit kasus-kasus tindak pidana korupsi itu berawal dari masalah administrasi yang tidak becus,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros yang berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews melalui surat permintaan konfirmasi dan klarifikasi terkait tindak lanjut temuan BPK tersebut tidak memberikan tanggapan dan jawaban. (cn)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here