LSM LIRA akan Surati BPK Kejar Penggunaan dan Penyaluran Dana CSR PT Semen Tonasa

0
299

MAKASSAR — Aktivis dan pegiat antikorupi mulai merespon secara serius anggaran dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Tonasa. Anggaran CSR anak perusahaan PT Semen Indonesia ini mulai mengundang banyak reaksi dari masyarakat, termasuk penggiat anti korupsi. Adalah LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) meminta Direksi dan Manajemen PT Semen Tonasa transparan dalam penggunaan dana CSR. Dikatakan CSR PT Semen Tonasa juga harus diaudit.

Menurut aktivis LSM LIRA, Zulkarnain kepada celebesnews.co.id pada Selasa (8/8/2023) penyaluran CSR harus dapat dipertanggungjawabkan secara transparan, tepat guna, tepat sasaran dan akuntable. Penggunaannya juga perlu diaudit mengingat dana CSR tersebut milik BUMN yang peruntukannya untuk kepentingan sosial perusahaan. Penggunaannya tidak boleh sembarangan karena dapat berpotensi diselewengkan.

Untuk itu, lanjut dia, LSM LIRA meminta kepada PT Semen Tonasa harus transparan dalam mengalokasikan dana CSR, karena dana CSR itu merupakan dana BUMN yang harus dipertanggungjawabkan secara benar.

Menindaklanjutinya LSM LIRA dalam waktu dekat akan mengirimkan Surat Resmi untuk meminta data penyaluran dana CSR PT Semen Tonasa.

“Kami akan kejar penyaluran dana CSR di PT Semen Tonasa ini apakah sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang ketentuan penyaluran dana CSR di perusahaan Plat merah itu,”ujarnya.

LSM LIRA, kata dia, juga akan bersurat ke Badan Pemeriksa Keuangan meminta data hasil audit penyaluran dana CSR di PT Semen Tonasa ini apakah penyalurannya tepat sasaran atau penggunaannya berpotensi diselewengkan. “Data penyaluran dana CSR BUMN juga bukan informasi rahasia dan semestinya dapat mudah diakses oleh masyarakat, dan kami akan kejar ke BPK,” tegasnya.

“Saya meminta teman-teman penegak hukum, terutama Kejaksaan, dan juga teman-teman dari Badan Pemeriksa Keuangan untuk turun ke lapangan dan memeriksa, mengaudit kemana larinya semua dana CSR tersebut untuk memastikan penyalurannya tepat sasaran dan transparan serta akuntabel,”tambahnya.

Terpisah, Humas PT Semen Tonasa berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews terkait pengelolaan dan program CSR tersebut melalui pesan WhatsApp hingga berita diturunkan tidak memberikan tanggapan dan jawaban. (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here