Nahhhh, Bertabur Penghargaan Dibidang Lingkungan Hidup, Justru Warga Demo PT Semen Tonasa Imbas Polusi, Rahmatia : Sessa Jaki…. Hampir Setiap Hari Kena Debu

0
267
FOTO : Sejumlah warga melakukan aksi demonstrasi di PT Semen Tonasa Kabupaten Pangkep pada, Senin (24/7/2023).

 

MAKASSAR — Sederet penghargaan di bidang lingkungan hidup pernah diraih oleh PT Semen Tonasa rupanya berbanding terbalik apa yang dirasakan oleh keberadaan warga yang berada di sekitar lingkungan perusahaan pelat merah tersebut di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Puluhan masyarakat mengatas namakan warga Biring Kassi, Kabupaten Pangkep dimana lingkungan perusahaan ini berada melakukan aksi demonstrasi sebagai bentuk protes protes terhadap polusi perusahaan ini pada, Senin (24/7/2023) kemarin.

Para warga yang rata-rata adalah emak-emak melakukan aksi demonstrasi di jalur masuk kantor perusahaan PT Semen Tonasa.

Salah satu Demonstran, Ibu Rahmatia yang dihubungi oleh Celebesnews.co.id usai melakukan aksi demonstrasi mengungkapkan, polusi udara PT Semen Tonasa dinilai sudah cukup meresahkan warga secara khusus yang berada di sekitar perusahaan Biring Kassi.

“Kami warga Biring Kassi sangat merasakan dampak polusi PT Semen Tonasa ini, mobilitas perusahaan, termasuk transportasi angkutan Semen Tonasa yang sering melintas di kawasan Biring Kassi memicu timbulnya debu. Dan itu, hampir setiap hari kami alami dengan menghisap udara diduga kurang sehat,”ungkapnya.

Sebaliknya, kata para demonstran, konstribusi atau perhatian pihak Direksi PT Semen Tonasa terhadap warga yang berada di sekitar perusahaan masih terbilang cukup kecil. Faktanya, serapan tenaga kerja, baik untuk tenaga kerja lapangan masih sangat kecil dibanding serapan tenaga kerja dari luar lingkungan perusahaan.

“Sessa jaki…. Setiap hari merasakan dampak polusi debu sementara warga yang berada di sekitar perusahaan PT Semen Tonasa kurang mendapatkan perhatian,”tegas Rahmatia.

Oleh karena itu, Rahmatia mengungkapkan, agar Direksi Baru PT Semen Tonasa tidak tutup mata dengan tuntutan warga agar warga yang berada di sekitar perusahaan ini turut mendapatkan perhatian.

Diketahui sederet penghargaan di bidang lingkungan hidup pernah di raih oleh PT Semen Tonasa antara lain, tutup tahun 2022, PT Semen Tonasa Raih PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

PROPER Hijau merupakan kriteria bagi Perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih baik dari yang telah dipersyaratkan dalam peraturan atau beyond compliance. Dalam hal ini, PT Semen Tonasa dinilai telah melakukan sistem pengelolaan lingkungan dan telah memanfaatkan sumber daya secara efisien serta melaksanakan tanggung jawab sosial dengan baik.

Penghargaan ini membuktikan komitmen PT Semen Tonasa dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar perusahaan. Bahwa Semen Tonasa secara konsisten dan berkesinambungan, memastikan dalam segala aktivitasnya, patuh pada peraturan perundangan, termasuk dalam hal pengelolaan lingkungan.

Kemudian Semen Tonasa Raih 11 Penghargaan CSR Tingkat Nasional. Semen Tonasa meraih penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility berbasis ISO 26000:2013 untuk Sustainability Development Goals, dalam ajang Indonesia Sustainability Development Goals Award (ISDA) 2022, yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas dan Corporate Forum for CSR Development (CFCD), di The Ritz-Carlton Jakarta, Selasa 22 November 2022.

Selanjutnya, PT Semen Tonasa meraih Penghargaan Manajemen Energi Tingkat Nasional. Sejalan dengan komitmen Semen Indonesia Group dalam pengelolaan lingkungan serta energi baru terbarukan, PT Semen Tonasa secara konsisten dan kontinyu terus ikut berkontribusi dalam melakukan pengelolaan energi yang berwawasan lingkungan. Berbagai upaya, inisiatif strategis, inovasi, dan program-program digalakkan untuk mewujudkan hal tersebut. Dan sederet penghargaan dan prestasi lainnya di bidang lingkungan hidup.

Terpisah Kepala Biro Humas PT Semen Tonasa berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews melalui pesat WhasApp terkait aksi demonstrasi tersebut tidak membalas pesan WA hingga berita ini diturunkan. (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here