Pengamat : Siapa Bertanggung Jawab Soal Aspek Keamanan Instalasi Listrik PT Semen Tonasa ke Rumah Warga

0
87

MAKASSAR — Pasokan listrik keluar perusahaan pada sejumlah rumah warga di sekitar perusahaan PT Semen Tonasa turut memantik reaksi public. Muncul pertanyaan, siapa bertanggung jawab terkait aspek keamanan instalasi pasokan jaringan listrik ke rumah-rumah warga tersebut, apakah telah memenuhi standar SOP, public menantikan respon perusahaan pelat merah tersebut di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Pengamat public, Sofyan kepada celebesnews.co.id pada, Jumat (21/7/2023) meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Inspektur Ketenagalistrikan Ditjen Ketenagalistrikan terus melakukan pengawasan dalam instalasi sistem kelistrikan di Indonesia. Pasalnya, cukup banyak insiden kecelakaan listrik yang terjadi di masyarakat akibat instalasi listrik yang tidak sesuai standar.

Ia mengatakan terdapat beberapa insiden yang ditimbulkan akibat pemasangan instalasi listrik yang amburadul. Mulai dari kejadian masyarakat yang kesetrum, korsleting listrik hingga yang paling parah kebakaran.

Ia pun mencontohkan mengenai insiden yang biasa ditimbulkan dari instalasi pemasangan listrik yang tidak sesuai standar sampai bisa menimbulkan kebakaran yang mengakibatkan masyarakat itu sendiri mengalami kerugian dan menjadi korban.

“Ngeri! Ini Akibatnya Kalau Instalasi Listrik tidak Sesuai Standar,”ujarnya.

Demikian pula dengan instalasi jaringan listrik dari pembangkit listrik milik PT Semen Tonasa ke rumah-rumah warga ini perlu mendapat perhatian semua pihak terkait. “Siapa bisa menjamin instalasi ini sudah sesuai dengan standar SOP, lantas siapa bertanggung jawab terhadap aspek keamanan pemakaian listrik dengan tegangan tinggi ini,”ungkapnya.

Diketahui secara umum akibat buruknya instalasi kelistrikan di pemukiman warga turut berperan dan menjadi salah satu penyebab rentannya musibah kebakaran.

Selanjutnya, kata dia, kebanyakan kebakaran disebabkan atus pendek listrik alias korsleting akibat pengawasan yang lemah terhadap pemakaian listrik baik oleh warga itu sendiri.

Terpisah, Direktur Utama PT Semen Tonasa berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews melalui surat permintaan konfirmasi dan klarifikasi terkait persoalan ini sejak pekan lalu hingga berita ini diturunkan tidak memberikan tanggapan dan jawaban.

Demikian pula dengan Kepala Biro Humas PT Semen Tonasa tidak merespon surat permintaan konfirmasi dan klarifikasi surat yang diteruskan dalam bentuk file pdf ke pesan WhasApp handphone miliknya. (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here