KPK Diminta Atensi Dugaan Kebocoran Keuangan Negara PT Semen Tonasa, Soal Pembangkit Listrik Aliri Keluar Perusahaan

0
159

MAKASSAR — Sejumlah aktivis dan pegiat antikorupsi mulai bersuara lantang mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan kobocoran keuangan negara pada pasokan aliran jaringan listrik milik perusahaan negara PT Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan ke luar perusahaan.

Diketahui, diam-diam pihak PT Semen Tonasa memasok jaringan listrik untuk kebutuhan industri keluar perusahaan diperkirakan sudah berlangsung sekian lama.

Salah satu aktivis dan pegiat antikorupsi, Mulyadi SH kepada celebesnews.co.id pada, Selasa (18/7/2023) mengungkapkan, potensi kerugian ini, diduga terjadi karena adanya pengelolaan pembangkit listrik milik perusahaan PT Semen Tonasa yang diduga menyalahi aturan sehingga terindikasi menimbulkan kebocoran keuangan negara.

“Kami berharap masalah ini menjadi atensi KPK, dan lembaga rasuah ini mengusut indikasi kebocoran keuangan negara pada disribusi pasokan jaringan listrik keluar perusahaan pelat merah tersebut,”ujarnya.

Dikatakan oleh Mulyadi, keberadaan pembangkit listrik milik perusahaan PT Semen Tonasa tersebut untuk mewujudkan peningkatan produksi perusahaan. Karena itu, sudah semestinya dijaga untuk keberlangsungan produksi perusahaan.

Direksi dan manajemen PT Semen Tonasa dianggap bertanggung jawab atas permasalahan ini.

“Kami menuntut pertanggungjawaban hukum atas dugaan potensi kerugian keuangan negara pada pengelolaan barang milik negara berupa pemakaian pembangkit listrik milik perusahaan PT Semen Tonasa sebagai perusahaan negara yang dipasok keluar perusahaan dan terindikasi tidak sesuai izin operasi,” ungkapnya.

Atas itu, Mulyadi meminta KPK turun tangan guna memproses hukum aksi- aksi yang dianggap menimbulkan indikasi kebocoran keuangan negara di PT Semen Tonasa.

Terpisah, Direktur Utama PT Semen Tonasa berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews melalui surat permintaan konfirmasi dan klarifikasi terkait persoalan ini sejak pekan lalu hingga berita ini diturunkan tidak memberikan tanggapan dan jawaban.

Demikian pula dengan Kepala Biro Humas PT Semen Tonasa tidak merespon surat permintaan konfirmasi dan klarifikasi surat yang diteruskan dalam bentuk file pdf ke pesan WhasApp handphone miliknya. (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here