Dari Orasi Ilmiah Prof Husain Syam di Wisuda Unsulbar, Ajak Wisudawan dan Alumni Isi ruang Pembangunan di Sulawesi Barat

0
40

SULBAR — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Husain Syam mengajak wisudawan dan alumni Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengisi ruang pembangunan di Sulawesi Barat dengan memaksimalkan segala potensi yang dimilikinya. Salah satunya dengan mengembangkan kompetensi entrepreneurship dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia.

Hal itu disampaikan Prof Husain saat menyampaikan orasi ilmiah dalam wisuda sarjana Unsulbar di Majene, Rabu (6/7). Orasi ilmiah PHS bertema “Konstribusi Karakter Entrepreneur dalam Membangun Kemandirian Alumni Perguruan Tinggi di Masyarakat.”

“Kemiskinan dan keterbelangan di Sulawesi Barat bisa ditangani dengan pembangunan infrasturktur yang mendukung serta didukung dengan kaum muda yang berjiwa entreprenurship,” katanya.

Tokoh Sulawesi Barat ini juga menjelaskan Konsep kampus merdeka belajar. Menurut dia, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah upaya membangun kompotensi mahasiswa dari bidang ilmu yang dipelajri di universitas sebagai pengembangan talenta dan bakat kemampuan mahasiswa.

Di hadapan 800 wisudawan dan civitas akademika Unsulbar, PHS menegaskan teknologi dan robot dari industri teknologi memang bisa menggantikan tenaga manusia. Kehadiran teknologi menjadikan semua pekerjaan jadi mudah

Ia mengatakan era sekarang adalah entreprenuship dan digitalisasi. Karenanya, kaum muda, mahasiswa, para alumni, khususnya wisudawan sangat penting memahami dan memasuki era ekonomi kreatif di abad sekarang.

“Potensi ekonomi kreatif dan kewirausahaan dalam rangka mendukung penyerapan tenaga kerja profesional sangat bisa mengatasi pengangguran,” katanya. (uj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here