Pegiat Antikorupsi Dorong BPK Audit Investigasi Aliran Dana CSR PLN Sulselrabar

0
115

MAKASSAR — Buntut anggaran dan penyaluran bantuan dana CSR PT PLN Sulselrabar disentil oleh pengamat public, kini mulai memantik reaksi sejumlah aktivis hukum dan pegiat antikorupsi di Sulawesi Selatan. Muncul desakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diminta melakukan audit investigasi terhadap penyaluran dan pengelolaan anggaran dana bantuan CSR tersebut untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas pemanfaatan keuangan negara di bidang ini.

Dikatakan Akram SH, salah satu pegiat dan aktivis hukum kepada celebesnews.co.id pada, Selasa (27/6/2023) bahwa audit investigasi oleh BPK ini diperlukan untuk mendorong anggaran CSR tersebut bisa lebih transparan serta tidak tertutup oleh public.

Selain itu, untuk audit investigasi dilakukan BPK setelah menerima laporan dari masyarakat, stakeholders, atau pun mengenai adanya dugaan penyelewengan keuangan.

“Nah, kami minta BPK masuk ke bidang CSR PT PLN Sulselrabar melakukan audit investigasi terhadap pengelolaan anggaran dan kegiatan CSR ini. Selama ini, masyarakat tidak pernah mengetahui barapa anggaran CSR yang digelontorkan oleh PLN Sulselrabar secara khusus di Sulawesi Selatan dan siapa-siapa pengelolannya. Kami minta ini diaudit investigatif,”ujarnya.

Audit investigatif ini sekaligus diperlukan untuk membongkar ada atau tidaknya dugaan bagi-bagi ‘kue’ melalui bantuan dana CSR tersebut. “Sebagai masyarakat luar PLN, kami mencium adanya indikas pihak pelaksana kegiatan program CSR ini merupakan orang-orang titipan. Buktinya, masyarakat tidak diberikan akses untuk dapat mengetahui siapa-siapa pelaksana program CSR tersebut setiap tahunnya. Cobami tanya penanggung jawab bidang CSR di PT PLN Sulselrabar ini kalau berani membuka data siapa-siapa pengelola program SCR tersebut, pasti mereka tidak mau membuka data ini, “tandasnya.

Terpisah, GM PLN Sulselrabar berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews terkait transparansi dan pengelolaan anggaran serta penerima bantuan dana CSR tersebut melalui surat permintaan konfirmasi dan klarifikasi sejak pekan lalu hingga berita ini diturunkan tidak memberikan tanggapan dan jawaban. (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here