50 peserta dari Satlantas Polres Jajaran Polda Sulsel Ikuti Lomba Safety Riding dan Driving

0
82
MAKASSAR– Dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77, sebanyak 50 peserta dari 24 Satlantas Polres jajaran Polda Sulsel mengikuti lomba Safety Riding dan Driving yang digelar di Lapangan SPN Batua, Selasa (12/3/23).
Ketua Panitia kegiatan yang juga menjabat Wadirlantas Polda Sulsel, AKBP Satya Whidy W SIK, M.K.P menjelaskan kegiatan lomba ini masing-masing satlantas mengirimkan  perwakilan sebanyak dua personel untuk dua lomba.
“Pada lomba Safety Riding diikuti 25 peserta dan Driving 25 peserta, yang mana pemenang nanti akan mewakili Polda Sulsel di ajang lomba yang akan digelar Korlantas Polri,” ucapnya.
Sementara panitia pelaksana yang juga Kasatlantas Polrestabes Makassar Kompol.DR. Amin Toha, SH, MH mengatakan, dari penilaian  lomba berdasarkan keselamatan, kecepatan, peserta mendapat poin 100, dan meyelesaikan lomba dalam kurun waktu 3 menit.
“Peserta juga akan dikenakan pinalti ketika menabrak atau menjatuhkan cone minus 7 poin, untuk peserta kendaraan roda dua tidak  melakukan konfirmasi keselamatan akan didenda mines 5 poin,.salah arah akan dinilai minus 10 poin bagi peserta roda dua,” ucapnya.
 Dan untuk penentuan pemenang nilai tertinggi untuk keselamatan lanjut Amin Toha, bila nilai sama ditentukan oleh waktu tercepat.
Demikian pada kategori dan materi  lomba yang disiapkan yakni uji keterampilan. Untuk roda dua seperti Slalom, jalan berliku bentuk angka delapan, Titian keseimbangan, Chidory Balance.
“Dalam  lomba kendaraan roda empat (mobil) seperti Slalom, jalan berliku, U Turn/J turn, angka 8 dan pengereman,” terangnya.
Lalu pada uji pengetahuan, peserta harus memahami dan mengetahui UU LLAJ terkait pengawalan dan PJR, pengetahuan Perkakorlantas tentang pengawalan serta Perkakorlantas tentang PJR.
Juara 1 dan 2 Safety Riding mengikuti Lomba di Pusdik Lantas pada tgl 17 SD 18 Juni 2023 Serpong, Juara 1 dan 2 Safety Driving mengikuti Lomba di Pusdik Lantas Pada Tanggal 17 Sampai  18 Juni 2023 diserpong.
Hasil Lomba Safety Riding:
– Juara 1 adalah POLRES ENREKANG .BRIGPOL WAHYU CANDRA
– Juara 2 adalah POLRES GOWA AIPDA JAMALUDDIN.
– Juara 3 adalah
POLRES SINJAI AIPDA AGUS KOPASANDA.SH.
Dan Pemenang lomba Safety Driving:
– Juara 1 adalah
POLRES BULUKUMBA AN.BRIGPOL MUH. IRFAN.
– Juara 2 adalah
POLRES GOWA AN.BRIPKA AMZAR.
– Juara 3 adalah
POLRES TABES MAKASSAR AN.AIPDA HENDRA. ( Laporan : anchi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here