Gubernur Sulsel Andi Sudirman Geser Sejumlah Pejabat, Termasuk Ganti Pj Sekda

0
157

MAKASSAR — Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman angkat bicara terkait pelantikan pejabat yang digelar hari ini di Baruga Pattingalloang, Senin, (8/5/2023).

Dalam agenda itu, Sudirman melantik 13 pejabat eselon II dan Pj Sekda Sulsel. Andi Darmawan Bintang menggantikan Andi Aslam Patonangi jadi Pj Sekda.

Pria kelahiran Bone ini mengatakan, Pemprov menerima persetujuan untuk posisi Kepala Disdukcapil dan Kepala Inspektorat pekan lalu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Memang agak lama karena harus proses persetujuan kementerian dalam negeri terkait masalah capil dan inspektorat. Kemudian memang ada proses tahapan-tahapan,” ucap Andi Sudirman kepada wartawan.

13 pejabat eselon II yang dilantik hari ini sebagian merupakan hasil perubahan nomenklatur.

Misalnya saja Dinas PUTR yang kini dibagi jadi dua yakni Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi dan Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang.

Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kehutanan digabung menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kemudian Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan dilebur jadi Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Menurut Mantan Mentan Andi Amran Sulaiman ini, perubahan di PUTR sesuai dengan kebutuhan dan regulasi yang ada.

“Harapan saya dengan perampingan ini saya tentu tidak berpikir tentang ada tambahan jabatan. Justru inu ada yang hilang. Tapi ini nggak masalah. Ini proses perampingan sistem organisasi yang lebih baik untuk lebih efektif bekerja,” tandasnya.

Diketahui, nama-nama yang dilantik diantaranya Kepala Inspektorat Sulsel Marwan Mansyur mengisi jabatan yang cukup lama lowong ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Iqbal Nadjamuddin menggantikan Setiawan Aswad yang saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Takalar.

Selanjutnya hasil pemisahan Dinas PUTR yakni Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Astina Abbas dan Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Darmawan Bintang. Sebelumnya, Kepala Dinas PUTR Sulsel dijabat Astina Abbas.

Ada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sulsel Andi Bakti Haruni dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sulsel Andi Arwin Azis

Selain itu ada juga peleburan dua dinas yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sulsel Andi Hasbi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Sulsel A. Winarno Eka Putra serta Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulsel A. Eka Prasetya.

Hasil peleburan dinas lainnya yakni Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel Ahmadi Akil. Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dijabat Andi Arwin Azis dan Kepala Dinas Perindustrian oleh Ahmad Akil.

Terakhir, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sulsel Muh Iqbal, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Sulsel, Setiawan Aswad serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel, Sukarniaty Kondolele.

Sukarniaty Kondolele sendiri merupakan peraih nilai tertinggi ketiga lelang jabatan Sekda Sulsel. Namun hingga hari ini belum diumumkan siapa pejabat Sekda Sulsel yang definitif. (fjr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here