Walikota Makassar Akan Evaluasi Kinerja Perusda, Direksi Terancam Diganti

0
344

MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto akan mengevaluasi kinerja perusahaan daerah (perusda). Danny mengultimatum akan melakukan perombakan jajaran direksi terhadap badan usaha milik daerah (BUMD) yang bermasalah.

“Iya, perusda semua kita akan evaluasi,” ucap Danny kepada wartawan di kediaman pribadinya, Senin (11/12/2023).

Danny belum merinci perusda yang dianggap bermasalah. Namun pergantian direksi disebut bisa dilakukan kapan saja.

“Ya kalau ini berlarut-larut, ya pergantian direksi. Karena itu kan pengangkatan direksi itu sewaktu-waktu bisa diberhentikan, tidak ada waktunya,” tuturnya.

Dia mengatakan akan menganalisa performa seluruh perusda tahun ini. BUMD yang minim menyetorkan dividen akan menjadi bahan pertimbangan.

“Kita lihat dulu, kenapa? Kan begitu. Kalau dia misalnya tidak sanggup karena tidak ada untungnya, kenapa tidak untung? Kan begitu banyak pertanyaan-pertanyaan,” ujar Danny.

Danny mengatakan evaluasi terhadap kinerja BUMD direncanakan diproses tahun ini. Kebijakan ini berjalan beriringan dengan evaluasi kinerja SKPD lingkup Pemkot Makassar.

“Jadi ini memang evaluasi tentang pengurus-pengurus BUMD. Itu harus segera dilakukan. Tahun ini, kan semua dievaluasi tahun ini. Masa SKPD dievaluasi, perusda tidak,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Danny turut mengevaluasi kinerja pejabat eselon II lingkup Pemkot Makassar. Dia menyoroti ada pejabatnya yang berkinerja rendah hingga terancam dinonjobkan.

“Saya bilang 4 pejabat paling rendah, paling rendah kinerjanya, kemungkinan di antara itu yang ada yang nonjob,” kata Danny.

Danny belum merinci siapa 4 pejabat dengan kinerja rendah yang dimaksud. Dia mengaku akan mengumumkannya secara resmi pada refleksi akhir tahun nanti.

“Iya, saya akan umumkan nanti di refleksi akhir tahun. Nanti refleksi akhir tahun saya umumkan,” pungkasnya.

Baca artikel detiksulsel, “Walkot Makassar Akan Evaluasi Kinerja Perusda, Direksi Terancam Diganti” selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7084166/walkot-makassar-akan-evaluasi-kinerja-perusda-direksi-terancam-diganti. (dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here