Pelindo Makassar Akhirnya Perbaiki Ubin Lantai yang Rusak di Pelabuhan Makassar, GM, Iwan Sjarifuddin : Kenyamanan dan Keamanan Penumpang Prioritas Utama Pelindo Regional 4 Makassar

0
96

MAKASSAR — Direksi dan manajemen PT Pelindo Regioan 4 Cabang Makassar akhirnya turun tangan memperbaiki ubin yang rusak pada jalur akses masuk dermaga kapal penumpang di Pelabuhan Makassar usai ramai-ramai disoroti public. Perbaikan tersebut dilakukan pada, Rabu (4/10/2023) kemarin siang.

Reporter celebesnews turut melihat langsung proses perbaikan beberapa titik ubin yang rusak tersebut selama ini, termasuk melakukan dokumentasi pengambilan gambar proses pengerjaan oleh tukang yang berada di lokasi pekerjaan pada, Rabu siang kemarin.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin menanggapi pertanyaan salah satu media online lokal di Makassar, celebesnews.co.id terkait kondisi lantai granit di Teras Selatan Terminal 1 Pelabuhan Makassar yang mengalami pecah dan rusak.

DIkatakannya PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal terutama kepada para penumpang kapal dengan menyediakan sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas yang terbaik khususnya di Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar.

Iwan mengatakan, pihaknya senantiasa memperhatikan kenyamanan dan keamanan penumpang di Pelabuhan Makassar. “Kerusakan lantai granit di Teras Selatan Terminal 1 tersebut karena menjadi akses jalan kendaraan roda dua atau motor dan gerobak buruh untuk melintas dari area terminal ke dermaga Pelabuhan Makassar atau sebaliknya,” jelasnya.

Menurutnya, Teras Selatan Terminal 1 memang merupakan akses debarkasi atau kedatangan penumpang yang turun dari kapal.

GM Pelindo Regional 4 Makassar menambahkan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan perbaikan atas kerusakan tersebut.

“Pelindo Regional 4 Makassar secara berkala selalu melakukan perbaikan berbagai sarana, prasarana, dan fasilitas di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar, utamanya jika ada yang mengalami kerusakan,”ujarnya.

“Perbaikan itu memang sudah kami jadwalkan karena kenyamanan dan keamanan penumpang adalah prioritas kami,” tukasnya.

Bahkan lanjut dia, pihaknya akan memperbaiki atap di terminal 1 dan 2 Pelabuhan Makassar demi kenyamanan pengguna jasa dalam hal ini penumpang kapal.

“Jadi Pelindo sangat berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun butuh waktu untuk mewujudkannya karena diperlukan penganggaran yang cukup terencana terkait efektivitas dan efisiensinya,” pungkas Iwan.

Seperti diketahui, Pelabuhan Makassar yang juga dikenal sebagai Pelabuhan Soekarno–Hatta, adalah pelabuhan laut di Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan menjadi hub ini memiliki lalu lintas penumpang tertinggi dan lalu lintas kargo terbesar di Sulawesi dan wilayah Indonesia Timur. Pelabuhan Soekarno–Hatta Makassar dikategorikan sebagai pelabuhan kelas utama oleh Pemerintah Indonesia.

Pelabuhan Makassar memiliki Terminal Penumpang Anging Mammiri dengan kapasitas sekitar 4.000 orang penumpang. Selain itu juga tersedia berbagai fasilitas antara lain garbarata untuk menghubungkan penumpang dari lantai 2 terminal penumpang ke pintu masuk kapal, eskalator, mushola, toilet, ruang menyusui, perpustakaan digital, ruang khusus untuk difabel, dan Ruang Tunggu Sementara (RTS) yang bisa digunakan oleh para penumpang transit. (cn-rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here