Nah, Kenna Dehh.. Pria di Pangkep Gadai Mobil Rental ke Temannya Ditangkap

0
191
FOTO : Ilustrasi

PANGKEP — Pria berinisial N (26) di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditangkap atas kasus penipuan dan penggelapan mobil rental. Kasus ini terbongkar setelah pemilik mobil rental mencegat mobilnya saat dikendarai orang lain.

“Kami telah mengungkap kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan mobil rental,” kata Kasi Humas Polres Pangkep AKP Imran seperti dikutip dari detikSulsel, Kamis (28/9/2023).

Kasus penipuan tersebut terjadi di Jalan Poros Tonasa II, Kampung Salebbo, Kelurahan Mangallekana, Kecamatan Bungoro, Pangkep pada Senin (12/6). Modus pelaku dengan menjual mobil Honda Mobilio yang direntalnya kepada seorang korban.

“Tersangka N menggadaikan satu unit mobil Honda Mobilio warna emas metalik yang direntalkan dan digadaikan ke korban Mashuri,” bebernya.

Perbuatan pelaku terungkap saat korban memakai mobil tersebut dan dicegat oleh pihak yang mengaku sebagai pemilik mobil. Pemilik juga memperlihatkan bukti kepemilikan mobil dengan STNK.

“Keterangan pelapor setelah dia pakai itu mobil ada orang cegat dan sampaikan bahwa itu mobil dia dengan bukti kepemilikan STNK. Dibawa ke Polres dan akhirnya tersangka mengakui itu mobil rental,” bebernya

Kanit Idik II Sat Reskrim Polres Pangkep Aiptu Thamrin menambahkan, mobil tersebut sebelumnya dirental oleh N dari Makassar kemudian dibawa ke Pangkep. Selanjutnya mobil digadaikan kepada orang lain yang tak lain merupakan teman pelaku.

“Jadi itu mobil rental di Makassar kemudian dia gadaikan ke temannya sendiri. Tidak ada jual beli, hanya gadai saja,” paparnya.

Atas perbuatan pelaku, korban mengaku mengalami kerugian karena telah memberikan uang gadai kepada korban. Total uang yang diberikan oleh korban ke pelaku sebanyak Rp 27 juta.

“Jumlah total kerugian korban Rp 27 juta,” sebutnya.

Adapun pengakuan pelaku nekat menggadaikan mobil rental hanya karena sedang butuh uang. Uang tersebut akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Nekat gadai karena butuh uang, ya alasan ekonomi. Dia sepelekan mungkin juga karena dia anggap ini temannya,” jelasnya. (dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here