KPK Sita Tas LV dan Mobil Land Cruiser Terkait Kasus Eks Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono

0
144

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita berbagai tas mewah dan mobil terkait kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan pencucian uang mantan Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono.

“Satu unit mobil mewah merek LC [Land Cruiser], kemudian juga ada tujuh tas mewah berbagai merek; ada LV [Louis Vuitton], kemudian apa Bvlgari dan berbagai merek lainnya. Saya kira ini sebagai bagian dari asset recovery,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Kantornya, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Ali turut membeberkan hasil pemeriksaan terhadap Andhi yang dilakukan kemarin, Senin (19/6). Tim penyidik, terang Ali, mendalami perihal kepemilikan aset yang diduga bersumber dari hasil tindak pidana korupsi.

“Tentu saat ini kami masih terus mengumpulkan alat bukti pemeriksaan,” kata Ali.

KPK membeberkan alasan tidak langsung melakukan penahanan terhadap Andhi setelah memeriksa yang bersangkutan sebagai tersangka.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu menjelaskan hal tersebut merupakan salah satu strategi tim penyidik.

“Penyidikan itu juga tidak selalu kita memanggil tersangka langsung melakukan penahanan,” ujar Asep di kantornya, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam.

“Ketika dilakukan penahanan maka ada batasan waktunya 20 hari pertama, kemudian 40 hari dan seterusnya. Nah, nanti seandainya kita lakukan penahanan maka penyidikan itu dibatasi untuk waktunya sehingga untuk konfirmasi terhadap pihak-pihak yang lain itu menjadi terbatas,” terang dia.

Lembaga antirasuah memproses hukum Andhi Pramono atas kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Proses hukum terhadap Andhi berawal dari klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang kemudian ditingkatkan ke penyelidikan dan penyidikan.

Andhi belum ditahan tetapi telah dicegah KPK bepergian ke luar negeri selama enam bulan terhitung mulai 15 Mei 2023 hingga 15 November 2023.

KPK sudah melakukan serangkaian penggeledahan dan menyita sejumlah aset milik Andhi yang diduga bersumber dari tindak pidana korupsi. (cnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here