Mantan Komandan Pasukan Semut Hitam Jabat Kapusdiklat BIN

0
161

JAKARTA – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mempromosikan Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo untuk menjabat Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Badan Intelijen Negara (Kapusdiklat BIN). Dengan penunjukan ini Murbianto bakal pecah bintang alias menembus pangkat brigadir jenderal (brigjen).

Promosi Murbianto tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 tanggal 27 April 2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 172 perwira tinggi yang masuk dalam daftar mutasi kali ini.

“Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, jabatan lama Pamen Denma Mabesad, jabatan baru Kapusdiklat BIN,” tulis SK mutasi tersebut, dikutip Sabtu (27/5/2023). Murbianto menggantikan Brigjen TNI Lucky Avianto.

Melalui SK yang sama, Lucky sang jenderal lulusan terbaik Akademi Militer 1996 itu dimutasikan sebagai Staf Khusus KSAD dalam rangka mengikuti Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIV Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Pasukan Semut Hitam

Murbianto merupakan lulusan Akmil 1995 dari kecabangan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Berbagai penugasan dan jabatan pernah tersemat pada tentara kelahiran Bekasi, 13 Desember 1973 ini. Dia antara lain pernah ditugasi sebagai komandan Batalyon Infanteri Mekanis 512/Quratara Yudha, satuan tempur yang berkedudukan di Malang, Jawa Timur.

Pernah di bawah kendali Korem 083/Baladhika Jaya Kodam V/Brawijaya, Yonif 512 yang terkenal dengan sebutan Pasukan Semut Hitam itu kini di bawah Brigade Infanteri Mekanis 16/Wira Yudha. Setelahnya Murbianto mendapat promosi sebagai Dandim 0623/Cilegon pada kurun 2013-2014. Setelah itu dia kembali ke Cijantung, markas Korps Baret Merah.

Kali ini dia ditunjuk sebagai Waasops Danjen Kopassus. Kariernya kian mentereng. Lulusan SMAN 1 Salatiga itu dipercaya sebagai Wadansat-81 Kopassus, kemudian Aslog Danjen Kopassus. Murbianto lantas kembali ke satuan paling elite Kopassus yaitu Sat-81. Kali ini tak main-main, dia didapuk sebagai orang nomor satu alias Dansat-81 Kopassus. (sindonews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here