Kajari Selayar Diminta Tak Gentar Bidik Proyek SPAM Dinas PUPR

0
148

MAKASSAR —- Dukungan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Selayar untuk mengusut tuntas proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun 2021 terus mengalir dari sejumlah lembaga antikorupsi. Para aktivis meminta Kajari Selayar tidak gentar dan berani dalam melakukan pemberantasan kasus korupsi di Selayar.

Kejaksaan adalah institusi terdepan dalam penegakan hukum, dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, dan dalam mengawal kesuksesan pembangunan nasional. Kiprah kejaksaan adalah wajah pemerintah serta wajah kepastian hukum Indonesia di mata rakyat. Karena itu, dukungan dari para aktivis dan pegiat antikorupsi mulai mengalir kepada Kejaksaan Negeri Selayar dalam melakukan pemberantasan korupsi.

Kisruh proyek SPAM usai menjadi temuan pada hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2021, para aktivis dan pegiat antikorupsi kembali berharap Kejaksaan Negeri Selayar membidik proyek tersebut hingga masuk proses hukum.

Mulyadi SH, salah satu aktivis dan pegiat antikorupsi Sulawesi Selatan kepada celebesnews.co.id pada, Minggu (7/5/2023) begitu getol mendorong Kejari Selayar menindak lanjuti temuan BPK tesebut.

Menurut Mulyadi, indikasi adanya masalah dan perbuatan melawan hukum pada pelaksanaan prooyek tersebut tercium sangat jelas, mulai dari kesalahan penganggaran hingga temuan kurang volume. “Nah, sudah tepat bila Kejaksaan memberi atensi proyek ini. panggil dan periksa semua pihak-pihak terkait, mulai Kepala Dinas selaku pengguna anggaran, PPK, kontraktor dan konsultan pengawas, periksa mereka semua pak Kajari, kasus ini mesti lanjut ke ranah hukum, ada indikasi potensi kerugian negara selain pelanggaran administrasi,”tandasnya.

Dengan lanjutnya masalah ini ke ranah hukum, akan memberi pelajaran besar kepada OPD lainnya untuk tertib dan taat dalam pengelolaan belanja keuangan negara. “Mareka harus patuh dong, tidak boleh anggaran negara ini dibelanjakan sesuai keinginan kepala dinas, “ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Selayar berusaha dikonfirmasi oleh celebesnews terkait tindak lanjut temuan BPK tersebut melalui surat permintaan konfirmasi hingga berita ini diturunkan tidak memberikan tanggapan dan jawaban. (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here