Duh, Detik-detik Longsor Tambang Emas Ilegal Tewaskan Penambang di Rampi Luwu Utara

0
143

LUWU UTARA — Dua pekerja tambang emas ilegal di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) tertimbun longsor. Insiden ini mengakibatkan satu orang di antaranya tewas.

“1 korban tewas dan 1 kritis,” ungkap Kasat Reskrim Polres Luwu Utara AKP Joddy seperti dikutip dari detikSulsel, pada, Kamis (4/5/2023).

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Onondowa, Kecamatan Rampi, Luwu Utara pada Rabu (3/5) sekitar pukul 23.00 Wita. Longsor terjadi saat keduanya melakukan aktivitas penggalian.

“Ada 2 warga yang tertimbun saat melakukan penggalian di tambang emas ilegal,” paparnya.

Joddy menjelaskan, insiden tersebut dipicu struktur tanah di lokasi yang labil. Sementara kedua pekerja tidak menyadari tanah bergerak saat bekerja.

“Mereka sedang melakukan penggalian, kemudian karena struktur tanah yang labil,” imbuh Joddy.

Kedua pekerja tidak sempat melarikan diri dari longsor tambang emas ilegal. Mereka langsung tertimbun tanah.

“Tiba-tiba tanahnya longsor menimpa mereka,” tambahnya

Joddy menuturkan korban meninggal bernama Adrianus Koase (30), sementara rekannya Ficky (38) kondisinya kritis. Pihaknya sudah turun ke lokasi untuk melakukan olah TKP.

“Dari laporan anggota kami di sana, memang sudah banyak gorong yang mereka buat untuk menambang emas, itu salah satu pemicu longsor,” sebut Joddy.

Demi Kelabui Petugas, Tambang Beroperasi Malam Hari

Joddy mengungkapkan tambang emas ilegal di Kecamatan Rampi sudah dilarang beroperasi. Namun ternyata masih dilakukan di malam hari demi mengelabui petugas.

“Makanya saya juga pertanyakan kok bisa menambang malam hari. Ternyata mereka melakukan aktivitas malam untuk menghindari petugas,” ujar Joddy.

Pihaknya berharap kejadian ini bisa menjadi evaluasi bagi warga. Joody menegaskan akan menindak tegas warga yang masih melakukan aktivitas tambang ilegal.

“Kita sudah imbau masyarakat untuk tidak lagi melakukan aktivitas itu, karena berbahaya dan merusak lingkungan,” jelasnya. (dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here