Koalisi LSM Antikorupsi Minta Polda Sulsel Audit Mutu dan Kualitas Proyek Jalan Ruas Takkalalla-Cabbangnge-Salaonro Kabupaten Soppeng

0
155

MAKASSAR — Sejumlah proyek strategis Pemprov Sulsel yang dilaksanakan dengan menggunakan APBD tahun 2021 menuai sorotan.

Koalisi LSM Antikorupsi Sulawesi Selatan mencatat, ada beberapa paket pekerjaan yang diduga menyalahi aturan dan tidak sesuai dengan ketentuan, secara khusus yang menjadi sorotan sejumlah paket pekerjaan jalan pada Dinas PUTR Pemprov Sulsel.

Aktivis Koalisi LSM Antikorupsi Sulawesi Selatan, Mulyadi SH kepada celebesnews.co.id pada, Senin (6/2/2023) mengungkapkan, salah satu proyek rehabilitasi atau peningkatan jalan yang disoroti adalah proyek jalan ruas Takkalalla-Cabbangnge-Salaonro Kabupaten Soppeng. Proyek strategis itu diduga kuat menyalahi aturan besaran teknis dan material serta spesifikasi yang digunakan patut dipertanyakan.

“Dari investigasi yang dilakukan oleh teman-teman pegiat antikorupsi, ada beberapa temuan di lapangan, ada dugaan paket yang dikerjakan memang tidak semua item pekerjaan sesuai dalam kontrak, boleh jadi ada dugaan volume dan kualitas ini yang patut dipertanyakan,” katanya.

Pekerjaan proyek jalan di Kabupaten Soppeng tersebut, kata dia, memang terdapat kejanggalan pada spesifikasi teknik dan material.

Ini terjadi diduga karena memang lemahnya pengawasan baik dari konsultan dan pejabat pembuat komitmen.

Apalagi, kata dia, ini adalah proyek strategis yang seharusnya bisa dimaksimalkan.

Atas adanya dugaan penyimpangan tersebut, Mulyadi meminta Polda Sulsel melakukan audit investigatif terhadap pekerjaan proyek strategis tersebut di Kabupaten Soppeng

“Jika ditemukan adanya unsur kesengajaan atau niat jahat dalam pengurangan bestek, volume dan kualitas pekerjaan, Polda Sulsel menggarap proyek tersebut,” tegasnya.

Terpisah, pihak penyedia jasa yang berusaha dihubungi oleh celebesnews belum lama ini tidak memberikan jawaban dan tanggapan terkait proyek tersebut usai menjadi sorotan pada aktivis dan pegiat antikorupsi. ( cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here