Rektor UNM Prof Husain Syam Masuk Bursa Calon Pj Gubernur Sulsel Pengganti Andi Sudirman

0
133

MAKASSAR — MAKASSAR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sulawesi Selatan bakal membahas dan mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Sulsel.

Kini, sejumlah nama masuk dalam daftar calon pengganti Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Salah satu nama yang berpotensi menjabat Pj Gubernur Sulsel, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sulsel, Andi Ansyari Mangkona, menilai tokoh berlatar akademisi atau rektor bisa saja memimpin Sulawesi Selatan.

Selagi ingin mengabdikan diri dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat Sulawesi Selatan, itu sah-sah saja.

Andi Ansyari Mangkona, mengatakan, dalam waktu dekat mereka akan konsultasi kepada DPP terkait usulan calon Pj Gubernur Sulsel pengganti Andi Sudirman Sulaiman.

“Kita akan lapor ke DPP seperti ini yang memungkinkan menjabat Pj Gubernur Sulsel,” kata Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan Sulsel itu, Kamis (20/7/2023) lalu.

Secara spesifik peluang tokoh berlatar akademisi dinilai layak dan berpotensi memimpin Sulawesi Selatan.

“Inikan Plt. Kalau rektor tidak ada masalah, kalau dia masuk berarti sudah siap bekerja. Sudah mengerti apa yang harus dilakukan,” tandasnya.

Senada dengan Anggota Fraksi PKB DPRD Sulsel, Fauzi Andi Wawo bahwa usulan calon Pj Gubernur akan dibahas bersama sembilan fraksi di DPRD Sulsel.

Setidaknya, ada tiga nama yang bakal diusulkan jadi calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nanti.

Ketua PKB Makassar itu menilai, tidak ada salahnya jika tokoh berlatar akademisi menjadi Pj Gubernur Sulsel.

Menurutnya, itu sah-sah saja, sepanjang itu memenuhi syarat administrasi.

“Saya pikir sepanjang kriteria yang ditentukan di permendagri itu, salah satu syatrat itu punya NIP (Nomor Identitas Pegawai). Artinya, para rektor, dekan dan senisnya, saya pikir ini potensi untuk bisa. Kemudian untuk eselonnya sudah ada semua ketentuannya,” katanya. (trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here