HomeBerita UtamaKejaksaan Diminta Sidik Pengadaan TIK Dinas Pendidikan Takalar

Kejaksaan Diminta Sidik Pengadaan TIK Dinas Pendidikan Takalar

MAKASSAR — Aktivis dan pegiat antikorupsi terus memberi sorotan dan reaksi keras pengadaan alat TIK SD dan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar. Para aktivis itu meminta Kejaksaan Tiggi Sulsel mengusut harga ril untuk setiap item barang dengan nilai pengadaan yang terbilang cukup besar hingga miliaran rupiah pada dua paket pengadaan tahun 2021 ini.

Pengusutan proyek TIK itu sekaligus merupakan tindak lanjut dari laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kami berharap Kejaksaan Tinggi Sulsel turun langsung lakukan mengusutan dan pemeriksaan dokumen kegiatan pengadaan untuk melihat satuan harga pengadaan alat TIK sehingga bisa jadi pembanding harga ril yang ada di pasaran,”ungkap Mulyadi, salah satu aktivis dan pegiat antikorupsi kepada celebesnews.co.id pada, Kamis (17/11/2022).

Dia menjelaskan, pihak kejaksaan diminta segera memanggil Kepala Dinas Pendidikan selaku pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen serta penyedia jasa untuk klarifikasi adanya indikasi atau dugaan mark up.

“Mereka semua ini perlu dipanggil oleh kejaksaan bila memiliki bukti kuat atas indikasi mark up harga maka perlu ditindak lanjuti dan mengembangkan pemeriksaan,”tuturnya.

Menurutnyya, penyidik bisa saja mengenakan pasal Pasal 2 dan Pasal 3 UU 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, serta Keputusan Presiden Nomor 80 tentang pengadaan barang dan jasa.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pengadaan TIK Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar, Sapriyadi S.Kep, Ns, M.Kes belum lama ini menjelaskan terkait hasil audit BPK yang ada hanya terjadi perbedaan persepsi antara auditor BPK dan pihak Dinas Pendidikan.

Selain itu, telah dilakukan pengembalian atas denda keterlambatan pada masing-masing dua paket pengadaan peralatan TIK untuk SD dan SMP. “Kami rasa semuanya sudah selesai dan sudah dilakukan pengembalian dan pembayaran denda keterlambatan,”tuturnya. (cn)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments