HomeBerita UtamaPekan ini, Kuasa Direksi PT Urbant Sakti Perkasa Laporkan PPK Dinas PUPR...

Pekan ini, Kuasa Direksi PT Urbant Sakti Perkasa Laporkan PPK Dinas PUPR Buton Utara ke KPK

MAKASSAR — Tender proyek kontruksi peningkatan jalan di Desa Eensumala Desa Koboruno Kec. Bonegunu Buton Utara, Sulawesi Tenggara dipastikan bakal berbuntut panjang. Pembatalan sipihak diduga dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kepada perusahaan pemenang tender membuat pihak perusahaan ini tidak tinggal diam. Justru langkah hukum persoalan ini baru dimulai dan segera memasuki babak baru.

Tidak tanggung-tanggung kuasa direksi PT Urbant Sakti Perkasa, selaku pemenang tender proyek tersebut akan membawa langsung laporan resmi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pekan ini.

Dikatakan oleh Ibnu Zaki, kuasa direksi PT Urbant Sakti Perkasa kepada celebesnews.co.id pada, Selasa (25/10/2022) laporan ke KPK tersebut diharapkan akan menjadi pintu masuk KPK ke Buton Utara mengusut proyek peningkatan jalan ini dan proyek-proyek fisik lainnya.

Dengan pembatalan sepihak oleh PPK tersebut, terindikasi bila proyek-proyek fisik di Buton Utara ini patut dipertanyakan dan perlu menjadi atensi Aparat Penegak Hukum (APH).

“Harapan kami ini akan menjadi pintu masuk KPK langsung datang ke Buton Utara melihat langsung bagaimana proyek-proyek fisik di daerah itu, dan mengusut tuntas laporan yang kami masukan tersebut,”ujarnya.

Dikatakan oleh Ibnu, pembatalan sepihak oleh PPK pada Dinas PUPR proyek tersebut terindikasi kalau rencana pemenang tender proyek ini sepertinya talah dilakukan pengaturan dan diarahkan ke salah satu perusahaan penyedia jasa.

Pengumuman lelang pada LPSE kemudian proses tender yang ada terindikasi sekedar formalitas saja dilaksanakan karena perusahaan pemenang dari PT Urbant Sakti Perkasa tiba-tiba dibatalkan oleh PPK tanpa pemberitahuan dan alasan yang jelas serta menggantinya dengan perusahaan peserta lelang lainnya.

“Nah, sekarang kami berharap KPK mendalami itu, sehingga para PPK di Buton Utara ini tidak seenaknya saja diduga bermain dan merugikan peserta lelang lainnya yang sudah memenangkan proses tender yang ada dan secara fear,”bebernya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi PPK proyek pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Eensumala Desa Koboruno Kec. Bonegunu di Buton Utara, Sulawesi Tenggara, Zalman beberapa kali berusaha dikonfirmasi dihubungi belum lama ini oleh celebesnews melalui panggilan telpon tidak diangkat, demikian pula dengan pesan WhassApp yang dikirim hingga kini tidak dibalas.

Sementara itu, Ketua Pokja proyek ini, Mustamin mengungkapkan, bahwa terkait persoalan tersebut silahkan menghubungi langsung pihak PPK. “Kami dari Pokja sudah selesai dan sudah menyerahkan ke PPK, proses lelangnya sudah selesai, selanjutnya terkait persoalan itu, silahkan hubungi langsung PPK nya,”singkatnya. (cn)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments