HomeBerita UtamaKuasa Direksi PT Urbant Sakti Perkasa Duga PPK Proyek Peningkatan Jalan Dinas...

Kuasa Direksi PT Urbant Sakti Perkasa Duga PPK Proyek Peningkatan Jalan Dinas PUPR Buton Utara Selewengkan Wewenang

MAKASSAR — Kuasa Direksi PT Urbant Sakti Perkasa terus melakukan protes dan kritikan keras kepada pejabat pembuat komitmen proyek peningkatan jalan Dinas PUPR Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara.

PPK dalam proyek kontruksi peningkatan Desa Eensumala Desa Koboruno Kec. Bonegunu di Buton Utara, Sulawesi Tenggara diduga melakukan penyelewengan wewenang dalam proses tender proyek tersebut.

Kuasa Direksi PT Urbant Sakti Perkasa, Ibnu Zaki kepada celebesnews.co.id pada, Jumat (20/10/2022) mengungkapkan sebagai pemenang tender berdasarkan pengumunan di LPSE pada proyek tersebut, dikuatkan lagi dengan adanya undangan dan Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ), pihaknya merasa dirugikan atas keputusan sepihak oleh PPK mengganti pemenang tender dengan pihak penyedia lain.

“Bos… ini bertentangan dengan Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang/ jasa sebagaimana telah di rubah dengan peraturan presiden nomor : 12 tahun 2021 dan peraturan LKPP nomor 12 tahun 2021 yang mana dijelaskan fungsi dan tugas PPK dan PPTK dalam pelaksanaan proses tender,” terangnya.

Semestinya, kata dia, dengan undangan pra kontrak atau SPPBJ tersebut maka PPK sudah menyetujui kami selaku pemenang tender, tapi ini tidak, justru menggantinya ke perusahaan lain.

“Sangat terlihat adanya indikasi penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran aturan hukum yang berlaku. Dengan kejadian ini kami sangat merasa di rugikan baik moril dan materil serta menjadi preseden buruk kelembagaan dalam proses tender di Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Menurutnya, jika proses tender cacat hukum seharusnya pelaksanaan pekerjaan tidak dapat dilanjutkan atau dihentikan sementara, sampai ada kesesuaian aturan tender yang berlaku.

“Kami penyedia pemenang di LPSE dan diakui dinas dengan adanya SPPBJ, apa dasarnya PPK menunjuk peserta lain menjadi pemenang juga,” tanya dia.

Berangkat dari permasalahan tersebut PT Urbant Sakti Perkasa diketahui pekan depan akan melaporkan PPK dan semua pihak-pihak terkait ke KPK guna tindak lanjut.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi PPK proyek pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Eensumala Desa Koboruno Kec. Bonegunu di Buton Utara, Sulawesi Tenggara, Zalman beberapa kali berusaha dikonfirmasi dihubungi belum lama ini oleh celebesnews melalui panggilan telpon tidak diangkat, demikian pula dengan pesan WhassApp yang dikirim hingga kini tidak dibalas.

Sementara itu, Ketua Pokja proyek ini, Mustamin mengungkapkan, bahwa terkait persoalan tersebut silahkan menghubungi langsung pihak PPK. “Kami dari Pokja sudah selesai dan sudah menyerahkan ke PPK, proses lelangnya sudah selesai, selanjutnya terkait persoalan itu, silahkan hubungi langsung PPK nya,”singkatnya. (cn)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments