HomeBerita UtamaNah, Babak Baru Proyek Peningkatan Jalan Desa Eensumala, Bonegunu Buton Utara Sulawesi...

Nah, Babak Baru Proyek Peningkatan Jalan Desa Eensumala, Bonegunu Buton Utara Sulawesi Tenggara, Pekan Depan, Kuasa Direksi PT Urbant Sakti Laporkan PPK ke KPK

MAKASSAR — Pelaksanaan proyek peningkatan jalan Desa Eensumala Desa Koboruno Kecamatan Bonegunu Buton Utara Sulawesi Tenggara bakal segera memasuki ‘babak baru’. Kuasa direksi PT Urbant Sakti Perkasa segera melaporkan pejabat pembuat komitmen proyek tersebut usai mmengganti perusahaan ke PT. Sinar Bulan Group sebagai pemenang dan berkontrak tanpa alasan dan dasar yang jelas.

Kuasa Direksi PT Urbant Sakti Perkasa, Ibnu Zaki kepada celebesnews.co.id pada, Kamis (19/10/2022) menegaskan, rencananya pekan depan, dirinya akan berangkat langsung ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasukan laporan secara resmi terkait adanya dugaan kongkalikong pejabat pembuat komitmen proyek tersebut telah mengganti PT Urbant Sakti Perkasa ke perusahaan lain mengerjakan proyek tersebut.

“Kami akan melakukan perlawanan dan tidak akan tinggal diam dengan apa yang sudah dilakukan oleh pejabat pembuat komitmen. Perusahaan kami sudah melalui serangkaian proses lelang hingga keluar sebagai pemenang lantas tiba-tiba digantikan oleh pejabat pembuat komitmen ke perusahaan lain, kita lihat saja nanti….,”ujarnya.

Keputusan melaporkan pejabat pembuat komitmen proyek peningkatan jalan Desa Eensumala Desa Koboruno Kecamatan Bonegunu Buton Utara ke KPK tersebut sebagai langkah serius membawa persoalan ini ke ranah hukum sehingga dugaan kongkalikong tersebut bisa dibongkar dan diusut tuntas.

Menurut Ibnu, penggantian PT Urbant Sakti Perkasa sebagai pemenang dan pelaksana proyek peningkatan jalan pada Dinas PUPR Buton Utara ini tidak dapat dibenarkan dan sangat merugikan pihaknya telah mengikuti proses tender secara fair dengan mengeluarkan biaya, waktu dan berimplikasi merugikan perusahaannya.

Ia menduga, ada indikasi tindakan pejabat pembuat komiotmen tersebut dengan menetapkan PT. Sinar Bulan Group sebagai pemenang berkontrak, berpotensi terjadinya pelanggaran hukum yang melabrak aturan pengadaan barang dan jasa serta terjadinya dugaan penyalahgunaan wewenang.

“Kita tunggu dan liat saja nanti, pekan depan kami sudah akan berangkat langsung ke Kantor KPK di Jakarta memasukan laporan secara resmi terkait dugaan penyimpangan perbuatan dan tindakan pejabat pembuat komitmen tersebut kepada PT Urbant Sakti Perkasa,”tandasnya.

Terpisah, PPK proyek pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Eensumala Desa Koboruno Kec. Bonegunu di Buton Utara, Sulawesi Tenggara, Zalman beberapa kali berusaha dikonfirmasi dihubungi belum lama ini oleh celebesnews melalui panggilan telpon tidak diangkat, demikian pula dengan pesan WhassApp yang dikirim hingga kini tidak dibalas.

Sementara itu, Ketua Pokja proyek ini, Mustamin mengungkapkan, bahwa terkait persoalan tersebut silahkan menghubungi langsung pihak PPK. “Kami dari Pokja sudah selesai dan sudah menyerahkan ke PPK, proses lelangnya sudah selesai, selanjutnya terkait persoalan itu, silahkan hubungi langsung PPK nya,”singkatnya. (cn)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments